Minggu, 19 Oktober 2014

Tulisan 2 : Opini Mengenai 10 thn Kepemimpinan Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono & Harapan untuk Presiden Baru


Opini saya tentang kepemimpinan bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang telah memimpin Indonesia selama 10 tahun, akhirnya bpk SBY harus mengahiri masa kepemimpinannya ditahun 2014 ini dan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinannya pada calon presiden yang baru. saya mengapresiasi kepemimpinan beliau, meskipun dengan banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat pada masa kepemimpinannya selama 2 periode tersebut, namun saya yakin itu adalah yang terbaik yang sudah dilakukan pak SBY. Pak SBY telah mencatatkan namanya sebagai salah satu Presiden Indonesia yang berhasil menyelesaikan masa jabatannya tanpa harus dilengserkan, dapat kita lihat kelima presiden sebelumnya harus rela meninggalkan jabatannya sebelum periode jabatannya habis.

Berlatar belakang militer dan beberapa kali menjabat sebagai Menteri Kabinet Pemerintahan pada masa pemerintahan sebelumnya serta dibekali dengan tingkat kecerdasan intelektual diatas rata-rata SBY dengan pola kepemimpinannya yang memang terkesan aga lamban terlihat dari setiap permasalahan yang dihadapi ditunggu berdasarkan jarak waktunya, tidak mengambil keputusan secara terburu-buru serta banyak melakukan pertimbangan sebelum pengambilan keputusan, Namun pola seperti itu dikategorikan aman dalam pemerintahannya, dari pada mengambil keputusan secara teburu-buru namun hasil yang didapat tidak maksimal.

Di-era kepemimpinan bpk SBY dengan keputusan-keputusannya yang bernada tegas.Penegakan hukum dalam pemberantasan korupsi dinilai cukup berhasil. KPK yang dibentuk saat pemerintahan SBY dinilai efektif dan berhasil. Rakyat Indonesia bisa melihat koruptor-koruptor yang bisa ditangkap setiap minggu, tidak ada lagi sekat informasi yang dibatasi antara pemerintah dengan rakyat.

Harapan saya untuk presiden baru :

Presiden yang baru harus  mampu menaikan tingkat kesejahteraan rakyat, mampu memperbaiki tingkat perekonomian rakyat indonesia serta dapat mengurangi angka pengangguran.

Presiden yang baru harus peduli dengan pendidikan anak-anak generasi penerus bangsa. Presiden harus dapat memberikan bukti nyata untuk meratakan pendidikan sampai ke daerah terpencil, agar setiap anak bangsa dapat merasakan dan mendapatkan haknya mendapatkan pendidikan.

Presiden baru harus dapat mengurangi serta tegas terhadap wakil rakyat yang terlibat korupsi.

Yang terakhir presiden haruslah dapat memperbaiki kondisi pembangunan negara. Pembangunan Indonesia saat ini sangat tidak merata, di satu daerah pembangunan berjalan pesat namun didaerah yang lain pembangunan belum berjalan, bahkan untuk sekedar aliran listrik pun beberapa daerah belum mendapatkannya. Untuk itu perlu langkah pasti dari Presiden untuk meratakan pembangunan.


Saya sebagai anak bangsa mengharapkan presiden yang baru dapat menggunakan jabatannya dengan sebijaksana mungkin dan bertanggung jawab, serta tidak menghianati kepercayaan masyarakat yang telah diberikan untuk memilih presiden tersebut. Karena pemimpin negara adalah harapan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar