Minggu, 18 November 2012

Segmentation

Segmentasi Pada Usaha Fashion Online

Segmentasi  adalah upaya memetakan atau pasar memilah – milah konsumen sesuai persamaan diantara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Ada empat dasar umum untuk segmentasi pasar Anda:
1.     Geografis: oleh negara, atau wilayah.
2.     Demografi: pada usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya.
3.     Psikografis : dengan gaya hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya.
4.     Perilaku: Apa yang Anda menggunakan produk untuk, loyalitas merek, manfaat yang Anda cari dari produk, dan sebagainya.

Menyambung dari postingan saya sebelumya tentang usaha fashion Ibu Diba, pada postingan saya sekarang pengamatan yang dilakukan adalah segementasi pada bisnisnya. Segmentasi yang dilakukan Ibu Diba pada bisnis onlinenya yaitu menggunakan dasar umum segmentasi pasar Demografis ( pada usia , jenis kelamin ) , Psikografis ( pada gaya hidup dan kepentingan) .
* Pada Segmentasi Demografis Ibu diba melakukan dua segmen
- Usia : Usaha online Ibu diba , barang – barang yang dijualnya fokus pada pembeli usia 17 – 30 th.
- Jenis Kelamin : Untuk segmentasi jenis kelamin Ibu Diba fokus pada penjualan baju – baju wanita.
* Pada Segmentasi Psikografis Ibu Diba melakukan dua segmen
- Gaya Hidup dan Kepentingan : pengelompokan pada pembeli perkotaan yang tingkat kebutuhan pakaiaannya tinggi, memiliki berbagai kepentingan seperti untuk Kerja atau sekedar untuk tampil Stylish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar